Kecanduan Facebook

Siapa sih yang ga tau facebok saat ini??? Sosial media yang sedang booming disemua kalangan. Dari mulai anak sd sampai orang tua pasti punya yang namanya facebook. Sosial media yang ditemukan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004 berhasil menyedot perhatian hampir seluruh masyarakat dunia. Dengan berbagai fitur dan inovasi  hampir disetiap bulannya membuat anggota facebook semakin bertambah. Bukan hanya dapat terhubung oleh orang-orang akan tetapi kita bisa menyimpan foto yang memang sengaja untuk dibagikan keorang banyak, curhat, berbagi catatan atau informasi, beriklan, bahkan hingga membuat kartu undangan pernikahan.
Dengan kelebihan-kelebihan facebook tersebut, sepertinya semua orang memang sudah jatuh cinta terhadap media sosial ini. Tapiiii tahukah kalian kalau facebook itu menyebabkan kecanduan bagi penggunanaya? Kalau kecanduan yang bersifat positif sih no problem misalnya kalau kecanduaan nulis informasi atau tips-tips yang bermanfaat. Tapi kalau yang bersifat negatif?? 
Beberapa ciri kalau kita sudah kecanduan facebook bersifat negatif. Penulis pernah baca status yang hampir satu jam sekali selalu menulis status dan bahkan 5 menit sekali pasti nulis status dan hanya menuls hal-hal yang tidak begitu penting, misalnya “aduh ngantuk” ngantuk malah nulis status bukannya makan? Atau contoh lain misalnya ada sampai yang menuliskan “otw to toilet” aduuuhhh ke toilet aja mest nulis status??
Ciri selanjutnya, hampir setiap menit selalu Online, mau dari hp komputer ataupun laptop. Apalagi sekarang banyak provider yang menyediakan “gratisan” internet atau facebook zero. Dijamin dehh pada manteng terus di facebook dari pada di disitus lainnya.
Ciri yang ketiga, niat awalnya sih ke warnet buat nyari tugas. Tapi situs yang pertama dibuka bukan google atau wikipedia. Tapi facebook.! Ayoo ngakuuu :D :D
Nah loh? Kalau udah kecanduan bisanya sedikit aga susah buat ngerubah... tapi tenang penulis akan coba buat meminimalisir kecanduan facebook yang negatif. Check This Out....!!
Ga salah kalian mau up-date status tiap waktu. Itu hak kalian tapi kenapa fikirin engga mereka yang baca status kalian? Kayaknya bakalan bosen deh kalau kata bahasa sundanya eta deui eta deui nu updet teh hehe terus kenapa engga kalu kalian juga merubah tulisan facebook kalian yang menarik? Kaya dakwah, puisi, kata-kata motivasi,yang membuat orang yang membaca berfikir juga keren. Dari pada update mau makan, mau minum sampai ke tolet kayaknya ga keren deh...
Nahhh yang suka dapet gratisan internet harus memanfaatkan sebaik-baiknya. Jangan Cuma di pake facebook. Sebenarnya facebook itu hanya mendekatkan yang jauh tapi menjauhkan yang dekat. Sadar ga? Banyak lohh situs-situs yang bermanfaat buat kalian..
Terakhir. Kalian harus bisa membedakan mana prioritas dan mana just entertainment. Dahulukan mana yang bersifat PRIORITAS. Jangan tergiur oleh facebook. Facebook belum berubah menjadi warna pink atau ungu kok. Masih biru J J
 Nahhh udah tau kan  gimana tips dan trik buat meminimalisir kecanduan dari facebook. Selamat mencoba kawan..!!! Semoga bermanfaat!

Amalia Adazta Rahman

Komentar

  1. untung aja waktu jaman sekolah belum ada facebook..hehe
    Cuma ada friendster..wkwkwk

    BalasHapus
  2. sama aja ... cuma belum sebooming facebook. By the way, kayaknya status-statusnya Acceipt Koerrnnhiiaa sudah mulai berubah jadi lebih "berkualitas" nih... ehhhmmm sejak kapan ya?
    kayaknya setelah dapat "si calon bayi" ya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

*Living without parental love*

CAHAYA PONDOK

Makan Malam terakhir