Membuat cerita khayalan? Mudah kok.

Membuat cerita khayalan itu mudah lho....
Kalo cerita khayalan berbahasa Inggris? Itu juga mudah.
Mau tahu cara mudah membuat cerita sederhana berbahasa Inggris?
Ini dia tips nya buat kalian!
1. Ciptakan tokoh khayalan kalian.
Siapkan nama, ciri-ciri fisik, wataknya, dimana dia tinggal, dengan siapa dia tinggal dan setting waktunya. Misalnya: Tokoh utamanya seorang perempuan muda yang cantik dan anggun bernama Prameswari, Dia tinggal bersama ibunya di sebuah rumah kecil dekat hutan.
2. Ciptakan konflik.
Konflik ini bisa satu atau lebih. Konflik merupakan permasalahan yang muncul pada diri tokoh dalam cerita. Misalnya, si Prameswari ini pergi ke dalam hutan untuk mencari tanaman obat bagi ibunya yang sakit. Dia harus masuk agak jauh ke hutan karena tanaman itu langka. Nah, di tengah hutan itulah dia mendapat masalah. Misalnya bertemu dengan makhluk menyeramkan yang bisa saja membahayakan keselamatannya. Disini, kalian bisa menciptakan tokoh antagonis. Tokohnya bisa berupa hewan buas, makhluk menyeramkan atau lainnya.
3. Buat penyelesaian masalahnya.
Kalo sudah menciptakan konflik, munculkan pula pemecahan masalahnya. Disini, kalian bisa menciptakan tokoh lain yang membantu tokoh utama menyelesaikan masalahnya. Misalnya, ketika muncul tokoh menyeramkan yang membahayakan si tokoh utama, tiba-tiba datang seorang pria gagah yang lewat di tempat itu untuk menyelamatkan nyawa si gadis itu. Kalian bisa menggambarkan perkelahian yang sangat seru antara tokoh antagonis dengan tokoh pahlawan itu.

Gimana, mudah kan? Nah, untuk mengalihbahasakan cerita tersebut ke dalam bahasa Inggris, hal terpenting adalah kalian mencari kata-kata kerja yang simple. kemudian carilah bentuk keduanya (Verb 2). Satu kalimat hanya butuh satu kata kerja lampau.

Untuk mempermudah kalian, perhatikan contoh cerita berikut:

Once upon a time, there lived a beautiful young girl named Prameswari. She lived with her mother in a little house near the wood. Her mother had been old.
(Pada jaman dahulu kala, tinggallah seorang gadis cantik muda bernama Prameswari. Dia tinggal bersama ibunya di sebuah rumah kecil dekat hutan. Ibunya sudah sangat tua.)

One day, Prameswari's mother was ill. Prameswari needed a plant to cure her mother. She knew that the plant was in the middle of the wood. So, she tried to look for the plant.
(Suatu hari, ibunya Prameswari sakit. Prameswari membutuhkan sebuah tanaman untuk menyembuhkan ibunya. Dia tahu bahwa tanaman itu berada di tengah hutan. Kemudian, dia berusaha mencari tanaman tersebut.)

When Prameswari was on her way to the wood, suddenly there was a giant beast blocked her way. Prameswari was very scared. She affraid that the beast would harm her life. She run away as fast as she could. The beast run after her.
(Ketika Prameswari sedang di jalan menuju hutan, tiba-tiba muncullah seekor binatang buas yang sangat besar menghadang jalannya. Prameswari sangat ketakutan. Dia takut kalau binatang buas itu akan mengancam keselamatannya. Dia lari secepat mungkin. Binatang buas itupun berlari mengejarnya.)

Fortunately, a young handsome boy came to place. He saw Prameswari ran in scare. He stretched his arrow bow. And finally "sshhuuuttt!!!" His dart stucked in the beast stomach. The beast died. And the girl felt relief.
(Untungnya, seorang anak laki-laki muda dan tampan datang ke tempat itu. Dia melihat Prameswari berlari ketakutan. Dia merentangkan busur panahnya. Dan akhirnya "shhuuttt!!" Anak panahnya menancap tepat di perut binatang buas tersebut. Binatang itu mati. Dan gadis itu merasa sangat bersyukur.

Singkat dan jelas kan?
Ayo, sekarang giliran kalian membuat cerita khayalan kalian dalam bahasa inggris. Kalau sudah, kirimkan karya kalian ke blog ini. Cerita terbaik akan dimuat dan ... akan mendapat souvenir cantik....
Ditunggu ya ....

Eni
2012

Komentar

  1. wow dlm bhasa inggris.. Tugas yg berat tuh kayanya..jgn dulu deh bu.. Bahasa indonesia aja belum bener..masih pada alayer.. Ups..!

    BalasHapus
  2. Kenapa gak?
    Kalo nunggu mereka gak jadi alayers dulu mah mau sampai kapan. Ibu yakin mereka tuh pada punya potensi yang bagus. hanya saja belum tergali optimal. Saatnya menggali ... (emangnya tukang gali??? :() hehehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

*Living without parental love*

CAHAYA PONDOK

Makan Malam terakhir