Resensi novel



Identitas Novel:

- Judul: "Samuel"

- Penulis: Martabak Kolor / Makarn

- Penerbit: Akad tahun 2021


Unsur Intrinsik:

1. Tema:

Tema novel ini adalah tentang komunitas motor bernama Diamond Gang yang dipimpin oleh Samuel Eriangga, serta perjodohan Samuel dengan seorang gadis polos bernama Azura Anastasia.

2. Penokohan:

- Samuel Eriangga: Seorang pemuda yang penuh dengan pengaruh dan otoritas di dalam komunitas motor. Dia memiliki sikap yang keras dan menentang perjodohan dengan Azura, sehingga sikapnya terhadap Azura cenderung kasar.

- Azura Anastasia: Seorang gadis polos yang kehilangan orang tuanya dan dijodohkan dengan Samuel. Dia menerima perjodohan tersebut dengan ikhlas meskipun sikap Samuel yang kasar terhadapnya.

- David (King): Ayah Samuel yang memiliki sifat yang keras dan tegas.

- Klara: Ibu Samuel yang masih memperlakukan Samuel seperti seorang bayi.

- Anggula: Anggota komunitas motor Samuel yang selalu mendukung rencana Samuel, namun tidak setuju dengan sikap Samuel yang menolak Azura.

- Mantan kekasih Samuel: Telah meninggal, dan alasan Samuel menolak Azura terkait dengan hubungan mereka di masa lalu.

- Raskal: Ketua komunitas musuh bebuyutan Samuel.

- Orang tua Azura: Telah meninggal, yang menyebabkan perjodohan antara Samuel dan Azura.

Sinopsis 

Dalam novel ini, terdapat konflik antara Samuel yang menentang perjodohan dengan Azura, namun di sisi lain, Azura menerima perjodohan tersebut dengan ikhlas. Konflik ini melibatkan karakter-karakter lain dalam novel, seperti anggota komunitas motor, mantan kekasih Samuel, dan musuh bebuyutan Samuel.

Menceritakan tentang Samuel Erlangga yang memiliki kepribadian kuat, ganas, atau bisa disebut bad boy. Namun berbalik belakang ketika di rumah yang sangat manja bahkan seperti bayi dan Azura memanggilnya dengan sebutan nama Baby El. Samuel selalu menyembunyikan kehidupannya, bahkan pandangan orang-orang menganggap kehidupan Samueal adalah kehidupan yang sempurna.

Namun, Samuel memiliki trauma dengan masalalunya yang terjadi 2 tahu  yang lalu, Dimana wanita yang dicintainya meninggal karena kesalahannya yang membuat Samuel terhantui oleh kesalahannya sehingga ia tidak punya keromantisan lagi kepada wanita lain. yang awalnya kehidupan Samuel biasa saja namun menjadi terganggu setelah kehadiran azura gadis polos manja dan menyebalkan yang di mana sifatnya bertolak belakang dengan Samuel. Samuel tidak diperkenankan untuk menolak perjodohan itu karena hal tersebut adalah wasiat peninggalan kedua orang tua azura yang di mana pernah menjadi anggota inti dari geng motor yang dipegang Samuel sekarang, alasan lainnya ialah orang tua azura menginginkan Samuel untuk menjaga azura agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan sama dengan kakaknya beberapa tahun yang lalu.

Suatu ketika terjadi pertengkaran besar antara azura dan Samuel yang di mana azura menghancurkan barang berharga peninggalan kekasih Samuel akibat pertengkaran itu azura semakin dekat dengan raskal musuh bebuyutan Samuel dan berkata kepada Samuel bahwa dia menginginkan azura sebagai kekasihnya. Samuel sering melarang azura untuk dekat dengan raskal namun pertengkaran masih berlanjut karena kepolasan Azura.

Lama-kelamaan Samuel merasakan perasaan yang berbeda kepada Azura ia mulai merasa takut untuk kehilangan Azura dan Samuel juga merasa karena azuralah hidup Samuel lebih berwarna kini Samuel selalu menjaga Azura dari bahaya dan perasaan cinta sama kepada Azura terus tumbuh yang membuat sama menjaga Azura Dengan cinta bukan dengan wasiat lagi.


Penulis Resensi:

Nama             : Amalia Ramadhani

Kelas             : XII / I

Tahun             : 2023



Komentar

Postingan populer dari blog ini

*Living without parental love*

CAHAYA PONDOK

Makan Malam terakhir